4 Keuntungan Menempati Rumah di Batam Sebagai Jalur Pelayaran Internasional


foto hanya ilustrasi


 Bagi warga Kep. Riau, Kota Batam selalu menjadi kota idaman karena masuk jalur pelayaran internasional. Mungkin itu sebabnya banyak yang jual rumah Batam di sana dan minat akan rumah di Batam pun bisa dikatakan terus saja mengalami peningkatan. Di Indonesia ada 10 area yang dinobatkan sebagai jalur pelayaran internasional yang terkenal. Sementara jumlah keseluruhan pelabuhan laut yang ada di Indonesia lebih dari 100.
Adapun 10 pelabuhan yang terkenal meliputi Tanjung Priok, Merak, Tanjung Perak, Bakauheni, Tanjung Mas, Ketapang, Harbour Bay, Sunda Kelapa, Batam Center, dan Soekarno-Hatta. Kota Batam menyumbang 2 pelabuhan yang terkenal: Harbour Bay dan Batam Center. Banyak sekali keuntungannya kalau Anda berencana menetap di Batam. Namun ada 4 keuntungan yang sudah pasti Anda rasakan begitu tinggal di sana.

1.                  Usaha Dagang Cepat Maju
Tidak peduli berapakah modal Anda. Selagi Anda berdagang di tempat yang ramai, maka potensi profit selalu lebih tinggi daripada tempat yang sepi. Usaha yang paling cocok di sana itu seputar kuliner. Tapi boleh juga melakukan pekerjaan lain, misalnya di bidang jasa. Misalnya menyediakan jasa pemakaian papan selancar atau jasa menangkap ikan.
Selain itu, Anda juga bisa membuka usaha dengan budidaya ikan laut sekaligus area pemancingan. Biasanya ini akan menarik banyak perhatian. Banyaknya wisatawan domestik dan asing membuat Kota Batam menjadi surganya para usahawan. Bahkan banyak orang yang berasal dari luar pulau, seperti Jawa, juga berbondong-bondong ke sana.

2.                  Potensial Menjadi Kru Kapal Pesiar
Ada beberapa syarat wajib saat ingin menjadi kru kapal pesiar yang legal. Salah satunya wajib menguasai Bahasa Inggris. Nah, kalau Anda tinggal di Batam, kesempatan menguasai Bahasa Inggris jadi terbuka luas. Pasalnya, banyak sekali para wisatawan asing dari berbagai negara yang singgah ke sana. Tentunya itu kesempatan untuk Anda yang mau belajar lebih cepat. Ingat, kemahiran berbahasa itu didapat karena kebiasaan yang berulang.
Ada saran yang sangat manjur saat seseorang ingin belajar Bahasa Asing. “Tinggallah di tempat orang-orang yang berbicara dengan bahasa yang ingin dipelajari,” katanya. Cara ini memang terbukti ampuh. Ketika seseorang merasa harus belajar bahasa, dalam kondisi terdesak biasanya mereka mudah menyerap informasi terkait.
Bekerja sebagai kru kapal pesiar gajinya sangat tinggi. Gaji untuk tukang bersih-bersih atau cleaning service saja minimal $900 dolar atau sekitar 11.700.000. Itu sudah termasuk makan dan fasilitas tidur. Ada yang enggan karena akan lama meninggalkan keluarga. Itu kalau tinggal di luar jalur pelayaran. Kalau tinggalnya di Batam, tentu saja lebih mudah saat ingin kumpul dengan keluarga.

3.                  Dekat dengan Tempat Wisata
Tinggal di Batam tidak hanya akan menguntungkan Anda dari segi ekonomi tapi spiritual juga. Sudah umum, kalau jalur pelayaran internasional pasti dibangun banyak wahana dan tempat wisata. Mungkin Anda kurang tertarik dengan poin pertama dan kedua. Tetapi bagaimana dengan yang ini?
Misalnya Anda seorang pekerja tetap yang gajinya sudah ditetapkan per bulan, pasti hanya ada akhir pekan atau hari besar untuk liburan. Berhubung rumah dekat dengan tempat wisata, jadi? Anda sudah tahu jawabannya.

4.                  Bebas Memilih Maskapai Pelayaran
Sebagian orang ada yang jalan-jalan di dalam negeri, luar negeri, dan yang suka keduanya. Ketiga-tiganya bisa dirangkum menjadi satu kalau Anda memang menempati rumah di Kota Batam. Ini pula salah satu keuntungannya tinggal di area jalur pelayaran internasional. Jadi jangan sia-siakan kalau ada yang jual rumah Batam dengan harga murah, ya.
Anda akan banyak menemui variasi maskapai pelayaran. Berbeda ketika Anda tinggal jauh dari pelabuhan laut. Kalau sudah dekat, kan tidak perlu tanya orang lagi atau tanya warga internet tentang maskapai mana yang bagus di Batam. Tinggal hubungi maskapai terkait dengan datang langsung. Beres. Acara jalan-jalan pakai kapal pun jadi lebih cepat dan hemat biaya tentunya.
Semboyan Kota Batam juga bisa menjadi pegangan Anda. Apa semboyannya? Secara sederhana, Kota Batam memiliki misi agar menjadi kota andalan yang mendukung pertumbuhan eknomi nasional. Cita-cita yang mulia, bukan? Rupanya semboyan itu bukan angin lewat. Berkat keteguhan warga Batam, cita-cita dan misi itu benar-benar terjadi dan bertahan hingga saat ini. Bahkan sudah diakui oleh dunia.

Harga jual rumah Batam juga relatif mahal dari tahun ke tahun. Wajar saja. Sebab, Kota Batam menjadi satu-satunya kota terpadat di Provinsi Kep. Riau. Jauh lebih populer daripada pulau-pulau di sekitarnya. Jadi bisa Anda gunakan rumah murah yang Anda beli sebagai aset untuk dijual kembali saat Anda dalam keadaan terdesak. Namun tentu saja, semuanya harus berjalan di atas konsensus bersama keluarga dulu.

Komentar